PENYULUHAN TENTANG BUDAYA CUCI TANGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN METODE 6 LANGKAH KEPADA PASIEN POLIKLINIK DI RUMAH SAKIT BHAKTI MULIA JAKARTA BARAT

Salah satu dari tujuan Tridharma Perguruan Tinggi selain Pendidikan dan Penelitian adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Hal ini diatur dalam Pasal 20 dan 24 Undang-Undang. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa adanya otonomi oleh Perguruan Tinggi, Penelitian Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Sebagai pertanggungjawaban kami, maka dalam melaksanakan tugas tersebut telah kami susun laporan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
Dalam pelaksanaan kami ingin memberikan penyuluhan mengenai Cuci Tangan Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode 6 Langkah agar masyarakat dapat menerima informasi yang tepat dengan memperagakan bagaimana cuci tangan metode 6 langkah yang akhirnya hasil yang diciptakan menjadi tepat guna dan dapat dilakukan oleh semua kalangan masyarakat khususnya para pasien di Rumah Sakit. Oleh karena itu penyuluhan ini diperlukan untuk peningkatan pengetahuan masyarakat agar dapat dipahami dengan baik dan pengetahuan akan kebersihan tangan dapat dijawab dengan efektif dan efisien.
Terima kasih atas dukungan Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Rektor Universitas Pamulang, Dosen pembimbing kami dan Direktur Rumah Sakit Bhakti Mulia serta pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya Pengabdian Masyarakat. Harapan kami semoga kegiatan pengabdian ini akan bermanfaat bagi kita semua, khususnya kepada generasi muda harapan bangsa.
Kata kunci: Cuci Tangan, Pandemi Covid-19

sumber : http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/11016