PKM Teknik Industri UNPAM Dorong Peningkatan Omset Penjualan Produk Ponpes An-Nuqthah Sukabumi Dengan Digital Marketing

Sukabumi, satubanten.com- Fakultas Teknik Industri, Universitas Pamulang (UNPAM) lakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk mendorong pengembang dan peningkatan omset penjualan produk yang dihasilkan di Pondok Pesantren Multimedia An-Nuqthah 2 Sukabumi.

Kegiatan dilaksanakan pada awal Juni 2021 melibatkan Santri yang mayoritas adalah generasi muda juga pendiri sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Multimedia An-Nuqthah 2 yaitu Bapak KH Khaerul Azmi Abbas S.So. I,M.Sos.I. Pemateri dari Universitas Pamulang terdiri dari dosen Teknik Industri yakni Priyo Wibowo S.Si., M.T., Antoni Maulana S.T., M.T., Patria Adhistian S.T., M.M. dan mahasiswa yakni Sulton Abdalah, Reanaldy, Nangun, Hanggarian Aryapriadika, Notarius Gulo.

Kegiatan yang mengupas masalah digital marketing dari jenis, kelebihan dan kekurangan e-commerce maupun social commerce hingga paktek bagaimana membuka dan menggunakan toko online. Pelatihan digital marketing bagi seluruh santri maupun pengasuh pondok pesantren An-nuqthah menyinggung juga masalah pengelolaan penjualan produk sabun cuci piring An-Nuqthah serta cara memasarkan produk melalui Social Media dan marketplace yang popular di Indonesia seperti Tokopedia, Lazada dan Shopee.

Dalam materinya, Priyo Wibowo S.Si., M.T. sekalu ketua PKM menyampaikan bahwa teknologi digital harus dimanfaatkan dengan baik, “Sayang jika internet hanya dimanfaatkan untuk bersosmed saja padahal dapat menambah penghasilan dengan berjualan secara online. Digital marketing memiliki jangkauan yang sangat luas dan tidak terbatas waktu. Digital marketing bagi sabun cuci piring produksi An-Nuqthah tentu menjadi penting, sebab pemasarannya tidak lagi disekitar pondok saja namun bisa lebih jauh lagi. Penjualan akan meningkat mengingat semua orang punya HP dan lebih suka berbelanja online daripada datang ke penjual” ungkap Priyo.

Oleh karena itu kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan omzet penjualan produk-produk yang dihasilkan Pesantren An-Nuqthah. Selain itu peserta juga dapat memanfaatkan media sosial lainnya untuk menarik minat konsumen dalam mendukung produk karya anak bangsa.

Menanggapi kegiatan PKM ini, Pimpinan Pondok Pesantren Multimedia An-Nuqtah, KH. Khaerul Azmi Abbas S.So.I,M.Sos.I juga menyampaikan rasa terimaksihnya kepada Teknik Industri UNPAM, “Kami menyambut baik dan berterimakasih pada Dosen dan Mahasiswa Universitas Pamulang atas terselengaranya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini. Saya berharap kedepannya ilmu yang disampaikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pondok pesantren maupu santri-santri kita dalam berniaga dan memasarkan produk-produknya” pungkasnya

sumber : https://satubanten.com/pkm-teknik-industri-unpam-dorong-peningkatan-omset-penjualan-produk-ponpes-an-nuqthah-sukabumi-dengan-digital-marketing/