Selain Saitama University, Unpam juga Jajak Kerja Sama dengan Japan Foundation

Pamulang – Minggu, 17 Februari 2020. Setelah melakukan studi banding dan penjajakan kerjasama dengan Saitama University Tokyo Jepang. Tim Kerjasama Universitas Pamulang yang terdiri Dr. RR. Dewi Anggraeni, S.H., M.H, Dr. Ir. Sarwani, MT., M.M., Mohammad Anwar, S.H., M.H., Afrianti Wulandari, S.S., M.S.i, Pendi Ahmad, S.H.,  M.H., dan Sylvia Hasanah Thorik, S.H., M.H. melanjutkan penjajakan kerja sama dengan Japan Foundation.  Japan Foundation merupakan salah satu lembaga milik pemerintah Jepang yang khusus didedikasikan untuk menangani pertukaran budaya internasional.  Berpusat di Tokyo, Japan Foundation memiliki 24 kantor cabang di seluruh dunia. Salah satunya di Indonesia yang terletak di Jakarta.

Dr. Dewi Anggraeni, S.H., M.H. menjelaskan tujuan kedatangan Tim Unpam ke Japan Foundation

 

Japan Foundation Jakarta, memiliki berbagai jenis kegiatan, diantaranya: Melaksanakan kegiatan yang digagas oleh kantor pusat Japan Foundation, melaksanakan kegiatan yang digagas oleh Japan Foundation, memberikan kontribusi pada kegiatan pertukaran kebudayaan Jepang dan dunia khususnya Indonesia, mendukung dan melakukan kolaborasi dengan organisasi eksternal,  serta melakukan penelitian, pengumpulan data dan menyediakan informasi yang terkait dengan aktifitas pertukaran budaya yang dilaksanakan oleh The Japan Foundation.

Tim Kerjasama Unpam

 

Berhubungan dengan hal di atas, kunjungan Tim Kerja Sama Unpam ke Japan Foundation di Tokyo adalah untuk menindaklanjuti mahasiswa dan dosen Unpam yang sebelumnya sudah pernah melakukan kunjungan ke Japan Foundation Jakarta. Di mana dalam kunjungan tersebut, mahasiswa dan dosen bukan hanya belajar bahasa Jepang, tetapi juga diperkenalkan berbagai budaya Jepang. Selanjutnya, tujuan Tim kerja sama Unpam berkunjung ke Japan Foundation Tokyo, salah satunya merencanakan program training (short course) secara gratis bagi dosen dan guru dalam jangka waktu 1-2 bulan atau 1-6 bulan. Japan Foundation meyediakan fasilitas  semuanya, termasuk asrama. Tujuan lainnya adalah untuk mewujudkan rencana dan kegiatan degan berkelanjutan, Unpam telah mengajak kerjasama (MoU) dengan Japan Foundation.