Seminar Kewirausahaan UNPAM Tangsel, Ubah Maindset Mahasiswa Ciptakan Pekerjaan

Pamulang, SUARA TANGSEL – Upaya untuk meningkatkan semangat kewirausahaan kepada masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda, Universitas Pamulang (UNPAM) bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan PT IBM Indonesia menggelar Seminar Pemasyarakatan Kewirausahaan di Auditorium UNPAM, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (30/3).

Seminar yang mengangkat tema “Entrepreneur In Digital Era” tersebut dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Prakoso Budi Susetyo, Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif, Erik Hidayat, Perwakilan dari PT. IBM Indonesia, Ketua Yayasan Sasmita, Darsono, Rektor UNPAM, Dayat Hidayat serta Mahasiswa UNPAM yang menjadi peserta seminar.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Prakoso Budi Susetyo mengatakan bahwa kegiatan pemasyarakatan kewirausahaan merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam hal ini, Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk mendukung Indonesia Maju melalui peningkatan jumlah wirausaha. Menurutnya, wirausaha adalah hal yang membanggakan karena bisa menciptakan lapangan kerja yang pada akhirnya bisa membantu mengurangi tingkat kemiskinan.

Prakoso juga menjelaskan kepada para mahasiswa bagaimana sudah saatnya mengubah pemikiran mendapatkan pekerjaan dengan menciptakan pekerjaan. “Sekolah setinggi apapun, jangan bangga dengan ijazahnya. Tetapi sekolah apa pun harusnya mengubah mindset, yakni menciptakan pekerjaan. Kita ingin ubah mahasiswa sekarang. Kalau zaman dulu, pikirnya kuliah lalu kerja. Kalau sekarang kita ingin bagaimana setelah kuliah mencoba menciptakan pekerjaan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, akrab disapa Pak Ben, menyampaikan, menjadi wirausahawan itu harus mempunyai prinsip “tidak mudah menyerah”, “jangan takut gagal”. Prinsip ini harus menjadi penyemangat atau pemicu dalam menjalankan kegiatan wirausaha.

“Prinsip ini harus menjadi moto atau pemicu dan tantangan dalam meraih kesuksesan,” kata Pak Ben, Kamis (30/3).

Lebih lanjut menurut Pak Ben, guna mendukung kegiatan kewirausahaan Pemerintah kota Tangsel telah mengeluarkan sejumlah kebijakan yang memermudah pengembangan kegiatan ini diberbagai bidang, khususnya di bidang koperasi dan UKM.

“Harapannya, dengan kebijakan ini, koperasi dan UKM dapat berkembang menjadi badan usaha yang mampu menciptakan lapangan kerja sekaligus mengurangi angka pengangguran di kota Tangsel,” pungkas Pak Ben .

Diakhir acara tersebut, Wakil Wal Kota Benyamin Davnie mewakili Pemerintah Kota Tangerang Selatan, dan Universitas Pamulang serta Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia menandatangani kesepakantan bersama, MoU peningkatan kewirausahaan di kota Tangsel. (Ibnu)

 

sumber : suaratangsel.com/seminar-kewirausahaan-unpam-tangsel-ubah-maindset-mahasiswa-ciptakan-pekerjaan/